#JelajahPantai: Berburu Sunset ke Pantai Drini


Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang mempunyai garis pantai yang panjang, dimulai dari Pantai Baron di ujung barat hingga Pantai Wediombo di ujung timur. Walaupun memiliki ombak yang cukup ganas karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai-pantai di sepanjang Gunungkidul ini tetap menarik perhatian banyak orang. Masing-masing pantai mempunyai ciri khasnya sendiri.

Jpeg

Beberapa waktu yang lalu, bersama beberpa teman, saya akhirnya bisa menghirup bau pantai setelah sekian lama. Terakhir kali main ke pantai rasanya sudah sekitar 2-3 tahun yang lalu. Itu pun saat liburan lebaran, di mana pantai dipenuhi lautan manusia – tidak ada kesempatan untuk menikmati suasana pantai.

Pantai Drini menjadi tujuan kami. Ada beberapa alasan kenapa kami memilih lokasi ini. Pertama, kami sedang berburu sunset. Kedua, kami mencari pantai yang punya sedikit kemungkinan dipadati pengunjung mengingat hari itu hari Sabtu.

2016102171235.jpg

FYI, saya adalah penduduk asli Gunungkidul, jadi kami berangkat kira-kira pukul 2 siang setelah menunggu teman kami yang lain dari Jogja. Dari rumah, yang terletak di tengah kota Wonosari, sampai ke area pantai diperlukan waktu kira-kira 1-1,5 jam. Jadilah kami sampai di pantai sekitar pukul 3 – atau setengah 4, saya lupa. Matahari masih cukup tinggi dan ternyata perkiraan kami yang kedua salah. Pantai ramai pengunjung. Mungkin ini karena pesona Puncak Kosakora yang sedang nge-hits.

P1030155.JPG

Pantai Drini 6 tahun yang lalu (2010)

Penampakan Pantai Drini sudah banyak berubah dari terakhir kali saya ingat, sekitar 5-6 tahun lalu. Waktu itu masih banyak pandan laut di sepanjang pantai bagian timur dan pulau karang kecil yang membelah Drini menjadi dua pun masih tampak asing. Tak banyak orang yang berani menyeberang ke sana dan mendaki.

Jpeg

Pantai Drini 2016

Sekarang, tidak ada lagi deretan pandan laut yang hijau. Mereka digantikan gazebo-gazebo kecil dan payung berwarna-warni yang berderet memanjang di sepanjang pantai. Walau begitu, pesona Pantai Drini masih memikat. Laguna di sisi timur yang tenang dan panatai di sisi barat dengan ombak yang “garang” ditambah pulau karang kecil di tengah-tengahnya – yang sekarang lebih terkenal dengan bukit Kosakora – memberikan pemandangan yang luar biasa.

Cukup lama kami menunggu, akhirnya perlahan matahari mulai turun. Pengunjung sudah mulai berkurang. Sedikit sepi dan warna kuning keemasan mulai mewarnai langit di sebelah barat. Kami pun bergegas berpindah ke sisi barat pantai, mencari spot terbaik untuk mengabadikan sunset melalui mata kamera ponsel kami.

Walaupun langit sore itu tidak begitu cerah karena hujan belum lama mengguyur Wonosari, namun sunset yang kami lihat tetap luar biasa, beautiful! Beaches never fail me, indeed. Ah, tidak sabar untuk menjelajah pantai-pantai lainnya di lain kesempatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s