#JelajahCandi: Menikmati Pesona Candi Abang, Ijo, dan Sambisari


“The journey of a thousand miles begins with a single step.”

Lao Tzu

Jogja itu punya banyak pilihan destinasi wisata, salah satunya wisata candi. Prambanan merupakan salah satu primadona wisata candi ini. Namun kali ini bukan Prambanan tujuan wisataku. Bersama seorang temanku, kami berencana untuk jelajah candi, yang sebenarnya tidak kalah memesona namun belum banyak di-explore.

First Destination: Candi Abang

PhotoGrid_1435262696153

Candi Abang ini termasuk destinasi wisata baru di Jogja. Walau masih tergolong baru, Candi Abang langsung bisa membius warga Jogja dengan keunikannya. Terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Candi Abang tidak terlihat seperti candi kebanyakan. Bangunan candi yang sudah tertutup tanah selama mungkin ratusan tahun membuat candi ini terlihat seperti sebuah bukit. Oleh karena itu, banyak orang juga menyebutnya sebagai bukit Teletubbies—karena bentuknya yang mirip bukit pada serial anak Teletubbies.

IMG_20150625_222947

Menurut para ahli, Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi yang berbentuk seperti piramida ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batu bata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Ukuran alas Candi Abang adalah 36×34 m dan tingginya belum bisa diperkirakan. Candi ini diperkirakan berbentuk seperti piramida, dengan sumur di tengahnya. Belum diketahui pula apakah akan dilakukan ekskavasi ataupun pemugaran pada Candi Abang ini.

IMG_20150625_165627

Saat ini sepertinya pemerintah belum turun tangan membantu pengelolaan dan pengembangan Candi Abang. Sejauh yang bisa kami lihat, destinasi wisata yang satu ini masih dikelola warga setempat—bisa dilihat dari tempat parkir dan akses masuk candi yang masih meminjam tanah milik warga. Belum ada petunjuk jalan yang jelas untuk bisa ke candi ini. Namun jangan khawatir, hanya dengan bantuan aplikasi Waze, kalian akan bisa sampai dengan selamat. FYI, itulah yang kami lakukan saat melakukan jelajah candi ke Candi Abang ini.

Second Destination: Tebing Breksi

Sebelum ke candi yang kedua, kami mampir dulu ke Tebing Breksi yang kebetulan letaknya berdekatan. Mulanya, bukit ini hanyalah sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 m. Namun akhir-akhir ini, para wisatawan yang hendak berkunjung ke Candi Ijo menyempatkan diri mampir ke tempat ini untuk sekadar berfoto.

IMG_20150625_220304

2015-06-26 10.13.23 1

Selain tampak eksotis, Tebing Breksi juga menawarkan pemandangan lanskap yang luar biasa. Katanya, dari atas tebing, kalian bisa melihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong yang dilatari oleh gagahnya Merapi. Yet, since we arrived there right when the sun was above our heads, kita nggak betah lama-lama di sana—believe me, it was so hot there. Jadi ya, kami cuma keliling-keliling dan foto-foto sekadarnya aja.

Third Destination: Candi Ijo

Terletak di bukit dengan ketinggian sekitar 410 mdpl, Candi Ijo menjadi candi tertinggi di Jogja. Karena ketinggiannya, maka bukan saja bangunan candi yang bisa dinikmati tetapi juga pemandangan alam di bawahnya; daerah pertanian sampai pemukiman warga. Meski bukan daerah yang subur, pemandangan alam di sekitar candi sangat indah untuk dinikmati.

IMG_20150625_215334

Menurut sejarah, Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, di sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. Nah, dari situlah awal mula candi ini disebut dengan sebutan Candi Ijo. Jadi, bukan karena bangunan candinya berwarna hijau, ya.

IMG_20150625_233704

Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras pertama sekaligus halaman menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 berupa pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama, dan tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada tiap teras didasarkan atas kesakralannya. Bangunan pada teras tertinggi adalah yang paling sakral.

IMG_20150625_181704

Di bagian bawahnya masih ada beberapa candi kecil yang masih dalam proses pemugaran—beberapa malah dalam proses ekskavasi. Dilihat dari luasnya kompleks candi dan banyaknya bangunan candi, bisa jadi dahulu Candi Ijo ini merupakan salah satu pusat peribadatan umat Hindu yang besar.

Fourth Destination: Candi Sambisari

“Lho, candinya di sebelah mana, Vit?” Itulah kalimat pertama yang diucapkan temanku saat sampai di pintu masuk kompleks candi Sambisari—and likely, those who haven’t visited Candi Samisari before will have the same question. Wajar saja pertanyaan itu keluar, sebab Candi Sambisari berada 6,5 m lebih rendah dari wilayah sekitarnya. Jadi, dari kejauhan tentu bangunan candi tidak akan terlihat.

2015-06-26 11.03.33 2 

Terletak di Dusun Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman—10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta—Candi Sambisari ini diperkirakan dibangun antara tahun 812-838 M, kemungkinan pada masa pemerintahan Rakai Garung. Kompleks candi terdiri dari 1 buah candi induk dan 3 buah candi pendamping. Katanya, dibutuhkan 21 tahun lho, untuk menggali dan menyusun kepingan batu-batu candi menjadi bangunan candi yang seperti sekarang. Salut deh, buat para arkeolognya.

PhotoGrid_1435326994292

Candi Sambisari ini merupakan destinasi terakhir kami. Memang, masih banyak candi-candi yang belum sempat kami kunjungi—atau bahkan sengaja kami lewati karena sudah sering ke sana; sebut saja Prambanan—seperti candi Kalasan, Plaosan, dan Pawon. Rasa-rasanya memang dibutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk bisa mengunjungi semua candi yang berada di Jogja. Dan mungkin nantinya akan ada artikel #JelajahCandi Part 2 dst., tentu saja dengan objek candi yang berbeda dari sekarang.

2 thoughts on “#JelajahCandi: Menikmati Pesona Candi Abang, Ijo, dan Sambisari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s