Transportasi dari Jogja ke Wonosari


HOW TO GET TO WONOSARI

Belakangan ini banyak banget komen yang masuk ke blog-ku, menanyakan perihal transportasi ke Wonosari dari Jogja. Padahal nih, aku cuma pernah sekali doang nge-post artikel tentang pengalaman pulang kampung ke Wonosari pake bus. Nggak disangka-sangka, gara-gara itu, banyak banget respon yang masuk. Nah, untuk memuaskan keingintahuan kalian-kalian tentang hal itu, pada postingan kali ini aku bakal ngebahas topik transportasi Jogja-Wonosari.

Secara umum ada 2 cara untuk mencapai Wonosari, pake kendaraan pribadi (motor atau mobil) atau transportasi umum. Nah, kalau kendaraan pribadi rasanya udah nggak perlu kubahas panjang lebar di sini, asal punya kendaraan dan tau jalan semuanya pasti beres. Yang pasti, kendaraan yang kamu tumpangi ini harus dalam kondisi prima. Cek kondisi kendaraan, dari mulai lampu, klakson, ban, rem, sampai bensin. Jangan sekali-kali bawa kendaraan ‘sakit’ ke Wonosari kalau nggak mau tiba-tiba mogok di jalan – mengingat jalan Jogja-Wonosari yang menanjak dan banyak tikungan tajam.

Untuk transportasi umum, tentunya hanya ada bus. Tarif bus Jogja-Wonosari ini adalah Rp 7.000 – bisa naik kalau pas musim mudik Lebaran atau Natal. And FYI, bus Jogja-Wonosari ini nggak beroperasi 24 jam – kurang lebih beroperasi dari jam 05.30 – 19.00 WIB. Nah, untuk naik bus jurusan Jogja-Wonosari ini kalian harus ke terminal Giwangan atau ringroad Ketandan – bus Jogja-Wonosari nggak beroperasi di dalam kota (Jogja). Ada beberapa alternatif cara untuk bisa sampai ke dua tempat tersebut.

  1. Naik Trans Jogja. Trans Jogja ini adalah bus kota ukuran sedang. Dibanding  bus kota pada umumnya, TJ (sebutan untuk Trans Jogja) ini relatif lebih aman dan nyaman (ber-AC) dengan tiket Rp 3.000 untuk sekali jalan. TJ ini memiliki 6 jalur khusus yang beroperasi setiap hari mulai jam 05.30 – 21.30 WIB. Karena semua jalur TJ akan berakhir di terminal Giwangan, kalian bisa naik TJ jalur apa saja, dari shelter mana saja. Nah, setelah turun di terminal Giwangan, kalian lalu bisa ganti bus Jogja-Wonosari. Keuntungan kalau naik dari terminal adalah, yang pasti, kalian nggak bakal kehabisan tempat duduk. Tapi nih, ruginya, kalian masih bakal nunggu lama sebab bus Jogja-Wonosari ini masih bakal ngetem di ringroad  Ketandan sebelum akhirnya melaju menuju Wonosari.
  2. Naik Bus Kota. Hampir sama dengan TJ, semua bus kota bakal berakhir di terminal Giwangan. Jadi mau naik bus jalur apa pun kalian pasti bakal sampai di terminal. Bedanya, selain tarif bus – tarif bus kota reguler untuk penumpang umum adalah Rp 2.500 sekali jalan, kita bisa langsung turun di Ketandan (nggak harus ke terminal) lalu naik bus Jogja-Wonosari yang ngetem di sana. Dengan begitu, kita bisa hemat waktu. Tapi nih, nggak semua jalur bus kota lewat Ketandan. Kalau mau turun di Ketandan, kalian harus naik jalur 4, 6, 9, 11, atau 14 (info lebih lanjut di http://www.transportasiumum.com/content/trayek-bis-kota-yogyakarta). Tapi nih, kalau mau naik bus kota, kalian berangkatnya jangan kesorean karena bus kota hanya beroperasi sampai + jam 5 sore (perhatikan juga jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai tujuan).

Karena bus Jogja-Wonosari hanya beroperasi sampai + jam 7 malam, ada beberapa alternatif transportasi lain kalau memang terpaksanya kalian harus ke Wonosari pada malam hari. Hanya saja, dibandingkan naik bus, tarif transportasi alternatif ini jauh lebih mahal.

  1. Naik Taksi. Taksi biasanya jadi pilihan utama para pemudik/pelancong yang sudah kemalaman sampai di Jogja dan hendak ke Wonosari. Biasanya, taksi-taksi yang mau naik (ke Wonosari) adalah taksi-taksi yang biasa ngetem di ringroad Ketandan atau di terminal Giwangan. Berbeda dengan taksi biasanya, tarif taksi ini nggak dihitung pake argo tapi berdasar ‘kesepakatan’ antara si calon penumpang dan sopir taksi – istilahnya charter alias sewa. Walaupun berdasar ‘kesepakatan’, para sopir taksi ini sudah punya ‘tarif dasar’Rp 100.000-Rp 150.000. Jadi, mereka ini nggak bakal mau nganterin kalo kita nawarnya di bawah ‘tarif dasar’ ini. FYI, taksi-taksi ini beroperasi 24 jam.
  2. Naik Travel Jogja-Pacitan. Belakangan ini jalan Jogja-Wonosari dijadikan jalan alternatif travel-travel yang menuju Pacitan. Nah, tarif travel ini lebih murah dibanding naik taksi – Rp 60.000 – walau dipikir-pikir rugi juga karena dikenakan tarif full (info lebih lanjut di http://darisjati.wordpress.com/2012/08/13/travel-jogja-wonosari-gunungkidul/).

map1 map2

Pertanyaan-pertanyaan lain yang sering disampaikan lewat komen adalah bagaimana setelah sampai di Wonosari. Bus, Jogja-Wonosari ini akan berakhir di terminal Wonosari yang terletak di Selang. Ini adalah terminal baru yang beroperasi belum lama. Terminal lama yang terletak di jalan Baron sudah tidak difungsikan lagi, oleh karena itu banyak jalur bus kota yang berubah. Nah, karena itu, aku nggak bisa ngasih banyak penjelasan tentang transportasi umum dalam kota. Yang aku tau, penumpang bus Jogja-Wonosari yang tujuan akhirnya bukan kota Wonosari sebaiknya turun di terminal atau Siyono. Kalau tempat tujuan kalian masih jauh dari Siyono atau Wonosari, aku sarankan kalian turun di terminal saja. Di sana ada banyak bus atau angkot. Kalau nggak tau mesti naik jalur apa, jangan malu buat tanya. Aku yakin kalian bakal dapet informasi yang berguna.

Nah, kalau tujuan kalian adalah daerah dalam kota atau dekat-dekat Siyono aja, kusarankan kalian turun di Siyono. Kalau cuma dekat kalian bisa naik ojek (di sana ada pangkalan ojek). Pilihan lain, kalian bisa naik angkot kecil yang biasa ngetem di sana. Jalurnya, tinggal pilih saja. Sekali lagi, kalau memang nggak tau jalur, jangan malu buat bertanya. Nah, untuk tarif ojek (dalam kota) biasanya antara Rp 10.000 – Rp 15.000, bisa lebih kalau jaraknya lebih jauh. Kalau tarif angkot – terakhir aku naik angkot sekitar 5 tahun lalu – aku nggak banyak tau. Mungkin sih berkisar Rp 2.500 – Rp 3.000 sekali jalan.

Biasanya bus Jogja-Wonosari tidak akan lewat tengah kota (alun-alun, kantor pos, pasar). Tapi kalau sampai Wonosari-nya sudah malam (jam 6-an ke atas), bus Jogja-Wonosari akan lewat kota — walau tetap tidak lewat alun-alun. Jalurnya adalah Siyono – Kepek – Pasar Pring – Jeruk/Rumah Sakit – Balai Desa Wonosari – Simpang Lima Baleharjo/Proliman – Gereja Wonosari – Polres Wonosari. Aku nggak tau bus itu akan berakhir di mana sebab biasanya aku akan turun di depan gereja.

Nah, itu semua yang bisa aku bagikan tentang ‘How to Get to Wonosari’. Semoga bisa membantu, ya.

2 thoughts on “Transportasi dari Jogja ke Wonosari

    • Halo mbak Ani,
      angkutan umum ke arah pantai memang tidak ada. Alternatifnya naik bus jurusan tepus atau baron lalu lanjut naik ojek. Untuk tarif tepatnya saya tidak tahu. Estimasi mungkin bisa mencapai 50rb atau lebih karena jarak terminal tepus ke pantai lumayan jauh.
      Saran saya, jika memang tujuannya liburan, naik kendaraan pribadi lebih disarankan. Kalau berangkat dari jogja ada banyak persewaan motor dan mobil yang terpercaya, misalnya saja pamitran rental http://pamitranrentalmotor.com/rental-motor-jogja/
      Semoga jawabannya membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s