Why Do You Need Infographics?


Seiring dengan makin berkembangnya media informasi, data-data yang ditampilkan tidak lagi sekadar berupa tulisan, tapi juga didampingi dengan tampilan visual yang menarik. Nah, media-media ini (koran, majalah, TV, dll.) kemudian mengemas informasi-informasi tersebut dalam sebuah infografis.

  • Apa itu infografis?

Infografis adalah representasi visual grafis dari informasi, data, atau ilmu pengetahuan. Informasi-informasi atau data-data yang disampaikan melalui infografis ini bisa mencakup informasi-informasi yang kompleks/rumit lho. Tapi berbeda dengan penyampaian konvensional (teks/tulisan) yang terkesan panjang dan membosankan, informasi dalam infografis ini disajikan secara singkat namun tetap lengkap.

Sebenarnya, infografis ini sudah ada sejak lama. Ingat dengan grafik berbentuk bars atau lingakaran yang sering kita lihat di buku-buku pelajaran? Nah, itu juga termasuk infografis lho. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk-bentuk infografis ini juga mengalami perkembangan, tidak lagi hanya berbentuk bars dan lingkaran. Let’s say, infographics are when statistics meet art.

  • Kenapa infografis?

Sekarang ini infografis banyak digunakan di koran, majalah, dan TV untuk menyampaikan informasi secara ringkas namun tetap berbobot. Keberadaan visual juga membuat informasi yang ditampilkan/disampaikan jadi lebih menarik dan mudah dimengerti. Nah, ini membuat infografis jadi nge-trend belakangan ini. Kenapa? Selain dua alasan di atas, ada beberapa lagi alasan kenapa infografis ini disukai sebagai media penyampai informasi daripada teks biasa. Untuk lebih jelasnya, coba deh perhatikan infografis berikut ini.

The Era of Visual Mediation

by infographicly.
Explore more visuals like this one on the web’s largest information design community – Visually.

Nah, sudah jelas kan sekarang? Jadi, sudah sifat alami manusia kalau manusia akan lebih tertarik pada gambar (visual). Selain itu, 83% proses belajar itu terjadi/dilakukan secara visual (melalui proses melihat). Informasi yang diperoleh dari infografis pun akan bertahan lama (diingat lebih lama) daripada yang diperoleh dari membaca teks.

      • Infografis di buku pelajaran

Infografis ada di buku pelajaran? I’d say it will be a great idea. Infographics are graphic visual representations of information, data, or  KNOWLEDGE, remember?  Coba deh, bayangin kalau infografis kayak gini ada di buku pelajaran Kewarganegaraan-mu.

Infografis-Ayo-Vote-02-02-02-02-021

Ngebacanya pasti lebih asyik daripada ngebaca berbaris-baris tulisan yang biasa menghiasi buku-buku pelajaran kita. Aku juga yakin, kalau informasi yang disajikan dalam bentuk infografis seperti itu akan lebih mudah dimengerti. Jadi buat para pembuat dan penerbit buku-buku pelajaran, nggak ada ruginya lho masukin infografis ke buku-buku kalian.😀

2 thoughts on “Why Do You Need Infographics?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s