Protect Paradise, Save The Earth


Tau nggak sih, setiap satu jam, hutan seluas 300x lapangan bola hancur dan ekspansi kebun kelapa sawit menjadi salah satu penyebab utamanya? Kebakaran hutan yang baru saja terjadi di Riau contohnya. Kabut asap yang ditimbulkan sekarang ini membahayakan warga. Seperti yang dilansir dalam Tempo.co, Senin, 3 Maret 2014 kemarin, kualitas udara di sana sudah masuk kadar berbahaya.

fact_1

Nah, itu baru dampak jangka pendek yang dirasakan. Menurut Greenpeace nih, kerusakan hutan di Indonesia ini 25%-nya disebabkan oleh konversi hutan dan areal gambut menjadi perkebunan kelapa sawit. Nah lho, makanya nggak heran deh, kalau Indonesia jadi salah satu negara penyumbang emisi karbon terbesar di dunia (kembali lihat kasus kebakaran hutan di Riau).

Nggak cuma itu, rusaknya hutan itu juga berimbas pada rusaknya habitat binatang dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Populasi Harimau Sumatera yang sudah diklasifikasikan sebagai ‘terancam punah secara kritis’ pun kena imbasnya. Nggak cuma Harimau Sumatera, Orang Utan dan banyak spesies hutan lainnya juga terancam punah.

collect_1

Ironisnya, hasil dari perkebunan sawit yang juga dihasilkan dari pengerusakan hutan ini sebenarnya dikonsumsi oleh manusia sendiri (termasuk kita-kita juga, lho). Let’s say peralatan mandi, bahan bakar, sampai produk kemasan. Kita secara nggak sadar (atau malah nggak peduli) udah ikut menyumbang kerusakan hutan dengan menggunakan produk-produk tersebut. Jadi, mulai sekarang perhatiin deh, barang-barang yang kamu beli dan konsumsi supaya nggak menggunakan produk dengan kandungan sawit yang dihasilkan secara tidak bertanggung jawab dan membahayakan alam.

Jadi udah kebayang kan, kalau pengerusakan hutan terus terjadi. Mungkin dalam kurun waktu yang nggak lama, kita udah nggak bisa lagi menikmati keindahan alam Indonesia. Untuk itu, yuk, sama-sama ikut menjaga alam kita. Bergabunglah dengan Greenpeace dan tanda tangani petisi kampanye #ProtectParadise untuk menyelamatkan hutan kita. Caranya tinggal klik banner #ProtectParadise yang terdapat di sidebar blog ini. Bergabunglah bersama ratusan ribu orang lainnya sebagai langkah awal melindungi hutan Indonesia.

2 thoughts on “Protect Paradise, Save The Earth

  1. Selain itu yang juga harus dipikirkan adalah alternatif pengganti kelapa sawit untuk memproduksi benda2 kebutuhan manusia itu. Kalau saya bilang sih, semakin banyak manusia, maka semakin banyak pula kerusakan di muka bumi. Ibaratnya, manusia lahir saja sudah “makan tempat”.

    • Well, that’s another problem to solve then. Tapi (menurutku sih) sebagai langkah awal dan bisa dilakukan semua orang, ya mulai peduli dengan lingkungan. Kalau kesadaran akan lingkungan udah ada, mungkin, ke depannya akan lebih mudah jalannya buat menjaga kelestarian alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s