Yuk, Jadi Eco-Friendly Traveler


be an eco-friendly traveler

Take nothing but pics, leave nothing but footprints, kill nothing but the time.

Pernah mikir nggak sih, kalau botol plastik, bungkus-bungkus makanan, atau puntung rokok  yang kamu buang di tepi pantai atau obyek-obyek wisata saat kamu liburan bisa berdampak buruk terhadap tempat itu?

Sampah memang salah satu masalah yang muncul dari pariwisata massal. Apalagi, kalau para wisatawan dan masyarakatnya belum punya kesadaran akan lingkungan. Obyek wisata, alam terutama, akan menjadi rusak karena ekosistemnya sudah terganggu.

Bayangkan saja, saat holiday season, akan ada ratusan bahkan ribuan wisatawan yang memadati obyek-obyek wisata. Kalau ada kira-kira 1000 wisatawan yang datang dalam sehari dan satu orang membuang paling tidak satu botol plastik, berarti ada + 1000 sampah plastik yang bakal terkumpul. Itu baru sehari, kalau dua hari, tiga hari, seminggu, sebulan? There will be a big amount of garbage then. And do you know that those plastics cannot be decomposed? Kalau kamu buang sampah-sampah itu di laut, plastik itu bakal terus mengambang di permukaan dan akhirnya menumpuk hingga jutaan ton di beberapa spot yang disebut sebagai Garbage Patch. Bisa dibayangkan dong, bagaimana penampakan tempat itu, tak lebih seperti TPA.

Pantai Losari di Makasar misalnya. Orang-orang bilang kalau liburan ke Makasar, pantai Losari itu wajib dikunjungi. Tapi, setelah sampai di sana, kita malah disuguhi pemandangan yang kumuh, lautnya dipenuhi sampah. Nah, kok bisa sih tempat wisata kok kayak TPA begitu? Kalau sudah begitu pasti orang-orang nggak mau dateng lagi ke sana. Lalu, siapa yang rugi? Ya wisatawan, ya pengelola obyek wisata, ya para pedagang yang bergantung pada obyek wisata itu sendiri.

Jadi, masihkah kalian ingin membuang sampah sembarangan? Demi kenyamanan bersama dan demi bumi kita tercinta, yuk, jadi eco-friendly traveler. Caranya gampang banget, kok.

  1. Menyimpan dan mengumpulkan sampah –> Saat berwisata, jangan pernah berpikir buat buang sampah sembarangan. Kalau emang nggak ada atau nggak nemu tempat sampah di sana, simpan dulu, taruh dalam kantong plastik. Setelah nyampe SPBU/hotel atau tempat yang ada tempat sampahnya, baru deh sampah yang dikumpulin tadi dibuang.
  2. Tidak memetik atau merusak tanaman –> Tanaman dan bunga-bunga emang ketihatan menggoda buat dipetik. Tetapi, hal ini hanya akan merusak lingkungan. Jangan memetik apalagi sampai merusak tanaman yang kamu temui saat berwisata. Biarkanlah apa adanya.
  3. Tidak mengganggu habitat binatang, apalagi membunuh –> Sering kali tindakan sepele saat berwisata malah bisa membunuh binatang. Misalnya, saat sedang liburan di pantai, kita suka mengambil kerang-kerang yang bersembunyi di pasir. Banyak dari kerang ini yang sebenarnya masih hidup dan dengan membawanya pulang hanya akan membuat mereka mati.
  4. Hindari penggunaan bensin yang berlebihan –> Coba deh muter-muter pakai kendaraan umum. Selain tidak ikut menyumbang polusi udara, kamu juga bisa dapet petualangan seru. Alternatif lain adalah dengan menyewa sepeda.
  5. Matikan alat elektronik yang tidak perlu –> Banyak dari kita yang sering melupakan hal satu ini. Televisi, AC, dan lampu tidak dimatikan, padahal kamar kosong. Karena itu, sebelum kamu keluar dari kamar hotel, ingatlah untuk selalu mematikan peralatan elektronik.

  6. Jangan membeli suvenir dari binatang atau tumbuhan langka –> Di beberapa daerah wisata, masih banyak dijumpai suvenir dari binatang atau tumbuhan langka. Misalnya, suvenir dari gading gajah. Hal yang banyak ditemukan di Indonesia adalah edelweiss atau bunga abadi yang merupakan tumbuhan dilindungi, tetapi malah sering dijadikan suvenir. Dengan nggak membeli suvenir-suvenir seperti itu berarti kita ikut membantu kelestarian binatang/tumbuhan langka tersebut, lho.

5 thoughts on “Yuk, Jadi Eco-Friendly Traveler

    • Iya, begitulah (kebanyakan) orang Indonesia. Mereka belum punya pemikiran jangka panjang. Jadi, mari dimulai dari diri masing-masing🙂
      thank you for visiting my blog anyway😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s