5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Travelling Menggunakan Kereta Api


kereta api

Kereta api Indonesia kini bebeda dengan yang dulu. Tidak ada lagi yang nggak kebagian tempat duduk, tidur di bawah beralaskan koran, atau bahkan harus rela duduk di dalam toilet saat musim mudik tiba.

Minggu lalu aku baru saja melakukan perjalan dengan kereta api Jogja-Bekasi dan Bandung-Jogja. Ini merupakan kali pertama aku melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api. Rasanya? Mengasyikkan. Bebas macet, bebas polusi, bebas gerah, dan bebas gerak.

Nah, kalau ada di antara kalian yang ingin travelling menggunakan jasa moda transportasi massal yang satu ini, aku mau ngasih tahu 5 hal yang harus diperhatikan. Terutama buat kalian nih, yang baru pertama kali akan naik moda transportasi massal yang satu ini.

  1. Pesan tiket jauh-jauh hari. FYI, tiket sudah bisa dipesan H-90. Jadi kalau memang sudah berencana travelling menggunakan kereta, kita harus pesen tiket jauh-jauh hari. Ini untuk menghindari kita kehabisan tiket atau tempat duduk yang enak. Tiket kereta api ini bisa dipesan secara langsung di stasiun atau secara online lewat situs resmi PT. KAI. Kalau malas pergi ke stasiun kita bisa membeli tiketnya di Indomaret, Alfamart, atau tempat pemesanan tiket lainnya.
  2. Cek dan pilih jadwal kereta. Kenapa perlu ngecek jadwal kereta? Tentu saja agar kita nggak kehabisan tiket. Jangan memilih untuk berangkat pada hari Sabtu, Minggu, atau Senin pagi. Pada hari itu biasanya akan banyak orang memesan tiket. Tak jarang bahkan tiket untuk hari itu sudah habis terjual. Jadi, kalau terpaksanya kalian bisanya berangkat pada hari-hari itu, pesanlah tiket jauh-jauh hari, ya.
  3. Bawa barang seperlunya. Nggak seperti bus dan pesawat, kereta nggak punya bagasi. Semua barang bawaan akan masuk di gerbong yang sama dengan gerbong kita duduk. Kalau membawa barang terlalu banyak alias over capacity tentu saja akan mengganggu kenyamanan. Ruang gerak kita jadi terbatas karena harus berbagi space dengan barang-barang kita. Barang-barang penting, seperti obat-obatan, handpone, charger, dan dompet jangan lupa disimpan di tempat yang aman namun tetap mudah dijangkau.
  4. Bawa bekal makanan (berat/ringan) dan minuman. Jangan berpikir untuk tidak makan di kereta, terutama saat melakukan perjalanan panjang. Walau sudah makan sebelum berangkat, kita pasti merasa lapar/haus di dalam perjalanan. Jadi bawa bekal ini penting, terutama bagi kita yang nggak mau keluar uang lebih untuk beli makanan di dalam kereta – yang menurutku agak mahal.
  5. Selalu berhati-hati. Kita nggak pernah tahu siapa yang akan duduk di samping kita. Jadi sepertinya nggak terlalu berlebihan kalau kita harus selalu waspada dan berhati-hati.

Jadi itulah 5 hal yang harus diperhatikan saat travelling menggunakan kereta api menurutku. Selamat menikmati jalan-jalan menggunakan kereta api, guys!

2 thoughts on “5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Travelling Menggunakan Kereta Api

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s