Liburan Asyik di Jogja Bareng @LiburanJogja


Kalau kemarin aku udah ngebahas soal bikin itinerary pakai getourguide.com, kali ini aku mau ngebahas sebuah website yang menyediakan travelling services di Jogja. Website ini namanya @LiburanJogja.

Awalnya @LiburanJogja ini adalah akun twitter dari sebuah car rent service yang punya minat besar sama pariwisata Jogja. Lewat akun twitter tersebut, mereka secara konsisten memberikan info-info tentang obyek-obyek wisata di Jogja. Respon bagus dan follower yang makin banyak membuat @LiburanJogja sebagai (semacam) trip advisor-nya kota Jogja. Nah, sejak (kira-kira) 1,5 tahun yang lalu, @LiburanJogja secara resmi berubah menjadi sebuah travelling services. Jasa travelling yang ditawarkan @LiburanJogja meliputi paket wisata, reservasi hotel, dan rental mobil & bus.

Kali ini aku mau bahas paket wisata yang ditawarkan oleh @LiburanJogja. Sebelum membahas lebih lanjut, sekadar informasi, paket wisata @LiburanJogja untuk wisatawan asing dan wisatawan lokal agak berbeda. Jadi, bagi kita para WNI, jika ingin mencari tahu paket wisata yang ditawarkan @LiburanJogja harap masuk ke liburanjogja.co.id ya, bukan liburanjogja.com.

travel 1

Di @LiburanJogja kamu bakal disuguhi 3 macam paket wisata; 1D Trip & Outbound, 2D1N,  dan 3D2N.

  1. 1D Trip & Outbound –> Ini adalah paket wisata satu hari. Di sini kamu bakal disuguhi beberapa paket wisata dengan berbagai macam obyek wisata yang dapat ditempuh dalam satu hari. Selain itu, paket ini juga menawarkan paket outbound yang juga (pastinya) selesai dalam 1 hari.
  2. 2D1N –> Ini adalah paket wisata 2 hari 1 malam. Karena 2 hari maka jumlah obyek wisata yang dapat dikunjungi pun lebih banyak dan waktunya pun jadi lebih moderate. Harga paket ini tentu saja lebih mahal daripada paket sebelumnya.
  3. 3D2N –> Ini adalah paket wisata 3 hari 2 malam. Dibanding 2 paket wisata yang sebelumnya, tentu saja paket wisata yang satu ini menawarkan obyek wisata yang jauh lebih banyak.

Secara umum, kalau travelling pake jasa paket wisata @LiburanJogja kamu gak bakal bingung-bingung lagi cari sewaan mobil. Plus, si mobil pun bakal jemput kamu ke hotel tempat kamu nginep. Jadi kamu gak perlu repot-repot cari kantornya @LiburanJogja. Selain itu, tiap paket wisata sudah include snack, air mineral, sama makan siang. Satu lagi, kamu gak perlu repot-repot lagi bayar/beli karcis masuk obyek wisata. Semua udah ditanggung sama @LiburanJogja (HTM udah masuk biaya paket).

 travel 2

Tapi nih, tapi… harga tiap paket wisata, walau berada dalam satu jenis paket wisata (e.g. 1D Trip), akan berbeda sesuai dengan obyek wisata yang akan dikunjungi. Harga yang harus dibayarkan per orang pun akan lebih murah jika jumlah orang yang ikut paket banyak (lebih dari 6). Selain itu, jika berbanyak, kamu bakal dapet keuntungan lebih. Misalnya nih, dapet tour leader (untuk jumlah lebih dari 6) dan foto dukumentasi (untuk yang lebih dari 15).

Nah, yang harus diperhatikan lagi kalau mau ambil paket wisata di @LiburanJogja adalah jenis wisatanya. Maksudnya, si paket ini bisa dipesan dadakan atau pre-order only. Kalau wisata ke tempat macam, malioboro, candi Prambanan, dan keraton tentu bisa dipesan secara dadakan. Nah, kalau kamu pengin ambil paket wisata macam cave tubing, rafting, atau trekking kamu harus pesan jauh-jauh hari. Kenapa? Sebab jumlah wisatawan yang bisa mengunjungi obyek-obyek macam itu dibatasi (oleh pihak pengelola obyek wisata). Ini tentu saja berkaitan dengan ketersediaan peralatan, tour guide, dan juga waktu. Sekadar info, kamu gak bisa rafting atau cave tubing di malam hari due to safety procedure. Untuk mengetahui paket yang kamu inginkan itu pre-order only atau gak, kamu harus check availability-nya di kolom bawah ringkasan tour.

Walaupun liburan dengan paket wisata @LiburanJogja cukup menggiurkan, aku gak merekomendasikannya bagi yang ingin berwisata kelompok dengan jumlah kurang dari 6 (per kelompok). Apalagi yang punya budget pas-pasan. Paket wisata yang ditawarkan di @LiburanJogja rasanya terlalu mahal. Kalau harus menilai berdasar harga, paket wisata @LiburanJogja ini cocok untuk kalangan instansi, perusahaan, atau orang dari kalangan menengah ke atas.

Nah, sebagai referensi aja, berikut aku attach HTM obyek-obyek wisata di Jogja.

HTM-Obyek-Wisata-Jogja-(PDF)

After all, semoga postingan ini bermanfaat buat kalian yang ingin wisata di Jogja yah. Ah, and one more, happy long weekend guys!!

3 thoughts on “Liburan Asyik di Jogja Bareng @LiburanJogja

    • karena orang jogja asli jadinya aku gak pernah backpacker-an gitu di jogja (hehe).
      tapi nih, buat tips aja kalo mau cari penginapan yang murah, cari aja di daerah sosrowijayan (dekat malioboro). tarif penginapannya mulai dari 40k.
      nah kalau soal transportasi, kamu bisa pilih naik trans jogja (bus umum semacam trans jakarta) dengan tarif 3000 rupiah (sudah ber-AC, lho). karena jangkauan trans jogja terbatas, alternatif lain, dan pasti asyik banget, kamu bisa sewa motor. kisaran harga sewanya adalah 50k/hari. nah, ini beberapa persewaan motor yang recommended dan bisa ditemuin di twitter: @Resmile_Rental, @AmiciRentalMoto, @Mandiri_Motor, dan @Rental_Motor.
      kalau untuk makan, jangan khawatir, di jogja banyak banget tempat makan murah dan enak. makan di angkringan bisa jadi salah satu alternatif. warung-warung tenda juga banyak bertebaran di jogja. tapi hati2 juga milih warung tendanya. walau kelihatannya cuma warung tenda, yang bertebaran di malioboro itu termasuk agak mahal harga-harganya. jadi, mendingan cari tempat makan yang agak jauhan dari malioboro.
      satu lagi, orang jogja itu lebih seneng memberikan arah jalan sesuai arah mata angin. jadi, biar gak bingung kamu harus tahu arah mata angin di jogja. gampangnya, Merapi itu di utara dan pantai Parangtritis itu di selatan. Timur itu ke Solo dan barat itu ke Godean. Jangan sampai lupa, ya😀
      nah, itu aja sih tipsnya kalo dari aku. semoga berguna, ya. happy backpacking!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s