Vine: Berbagi Video dalam 6 Detik


dbb17__vine-image-2

Youtube, Vimeo, Dailymotion, Instagram, dan sekarang Vine. Yup, Vine adalah aplikasi berbagi video besutan twitter. Berbeda dengan Youtube, Vimeo, dan Dailymotion, durasi video yang bisa direkam dan diunggah melalui aplikasi ini hanya terbatas 6 detik saja. Walau begitu, aplikasi ini punya banyak peminat dan terus bertambah seperti yang dilansir dari Topsy, firma analisa yang menjadi mitra resmi Twitter. yang lebih menarik lagi, Vine melampaui Instagram untuk urusan total aktivitas berbagi di Twitter setiap harinya. Bahkan ada yang bilang “if Instagram is an art museum, Vine is a block party.”  Jadi, intinya Vine itu media untuk bersenang-senang; menyalurkan ide-ide kreatif yang gila or the other way around.

Lalu gimana sih cara menggunakan Vine ini?

  • Kamu bisa masuk ke Vine menggunakan akun Twitter atau alamat email.

vine1

  • Kalau sudah memilih untuk masuk melalui Twitter, kamu akan diminta untuk memberikan akses aplikasi ke akun Twitter-mu.

vine2

  • Vine akan mengambil nama, gambar profil, dan bio dari Twitter untuk membuat profil. Kamu bisa mengedit informasi tersebut kalau ingin  profil Vine-mu sedikit berbeda dari profil Twitter.

vine3

  • Ketika dihubungkan, profilmu di Vine akan memuat informasi yang sama seperti profil di Twitter.

vine4

  • Setelah itu, layar prompt bakal memandu kamu melalui proses menciptakan Vine pertamamu.

vine5

  • Nah, bar hijau di bagian atas layar menunjukkan berapa banyak dari jatah waktu 6 detikmu yang sudah habis saat kamu merekam video.

vine6

  • Setelah selesai merekam, kamu akan diminta untuk menambahkan informasi lokasi ke caption atau video, serta menentukan di mana kamu akan membagikan videomu.

vine7

  • Video Vine yang sudah selesai akan muncul pada timeline, mirip dengan antarmuka Instagram.

vine8

  • Selanjutnya, kamu bisa menelusuri video yang sudah diunggah melalui menu Explore: Editor’s Pick, Popular Now, atau All Posts.

vine9

  • Video Vine juga bisa dicari berdasar topik. Jadi kamu bisa melihat/mencari video Vine dengan topik NYC, olahraga, atau hanya video hewan peliharaan. Pencarian video pun bisa jadi lebih mudah.

vine10

  • Yang terakhir, hanya karena kamu punya banyak follower di Twitter nggak berarti mereka akan menjadi follower-mu di Vine secara otomatis. Kalian harus add/follow mereka ulang. Hanya saja, Vine akan memberikan rekomendasi berdasar followers/friends kamu di Twitter atau Facebook.

vine11

Penasaran gimana hasilnya? Kamu bisa cek video di bawah ini yang merupakan salah satu hasil video Vine dari penyanyi duo Amerika, Us The Duo.


cc: @UsTheDuo
Nah, mudah kan? So, silakan mencoba, guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s