(late post) Hello, Customer Service!


customer service

Beberapa waktu yang lalu aku sempat mengalami masalah dengan modem telkom speedy. Setelah sempat ganti modem dan ganti IP address, si modem ini ngambek lagi. Akibatnya aku jadi nggak bisa ber-internet ria di rumah seperti biasanya.

Sebenernya sih nggak ada masalah dengan fisik si modem, ataupun sambungan kabelnya. Si modem sudah tersambung ke komputer dengan benar, semua lampu indikator sudah menyala (menandakan tidak adanya masalah dengan fisik modem). Waktu kucek sambungan internetnya pada menu Network and Sharing Center, ternyata si modem nggak berhasil mengakses internet walaupun koneksi komputer dan modem sudah tersambung. Nah lho, bingung kan.

Karena waktu sudah malam dan hari Sabtu, tentu saja aku nggak bisa lapor ke kantor Telkom. Waktu itu cuma solusi itu yang terlintas di otak, lapor ke Telkom terus nunggu teknisinya dateng, seperti kasus yang sudah-sudah. Akhirnya, karena hopeless inet mati, aku cuma bisa nunggu hari Senin datang terus minta tolong Bapak lapor ke Telkom, dengan disertai catatan keluhan dan masalah si modem dariku, soalnya si akunya di kantor (hehehe).

Karena si Bapak ternyata juga sibuk (ikut seminar di Bantul 2 hari) dan si Emak juga sibuk (seminar juga, di tempat yang berbeda selama 3 hari), otomatis penyelesaian masalah si modem bakal ter-delay. Akhirnya aku iseng-iseng deh browsing pake, ssstt… inet kantor. Dan, taaaraaaa… terjawab sudah permasalahan modemku itu. Ternyata, solusinya adalah ganti IP address secara manual, re-setting modem, atau menghubungi customer service.

Re-setting modem ternyata butuh username sama password yang dulu pertama kali dikasih pas pasang modem speedy. Karena tuh kertas yang berisi username dan password udah ilang entah ke mana (saking udah lamanya), jelas opsi ini nggak bisa dilakukan. Telepon customer service?? Pasti nyambungnya lama, karena itu aku meletakkan opsi ini pada nomor terkahir. Ya, akhirnya aku coba-coba mengganti IP address modemku secara manual sesuai dengan artikel yang kubaca di internet. Tapi, entah aku yang melewatkan salah satu stepnya, atau memang konfigurasi IP address telkom speedy yang terlalu rumit, percobaan mengganti IP address secara manual ini GAGAL.

Tapi karena penasaran — orang lain aja bisa pake cara ini, kenapa aku nggak bisa (that’s what I thought) – akhirnya aku mengulang percobaan itu beberapa kali lagi. Dan… tetap GAGAL. Sepertinya, agar bisa sukses melakukan penggantian IP address secara manual ini aku harus belajar lagi, cari tahu lebih banyak tentang IP address dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Akhirnya, yang tersisa adalah opsi terakhir, calling the customer service. Yup, kuangkat gagang telepon lalu memencet tombol 147 dan tersambunglah aku pada customer service. Yang bikin bete nih, nungguin kesambung sama si customer service lama banget. Setelah bosen dengerin lagu yang diputer sebagai nada tunggu customer service – kurang lebih 10 menit kemudian – terdengarlah suara si mas customer service. Setelah ngobrol panjang lebar nih (aku nggak tahu ini bisa disebut ngobrol atau nggak), aku akhirnya mendapat pencerahan. Jadi si mas customer service tadi ngasih IP address dan DNS server yang baru. Yup, setelah mengganti IP address dan DNS server secara manual si modem kembali sehat dan akhirnya aku bisa internetan sepuasnya di rumah. Thank you mas customer service!😀

Leave a Reply

