Refleksi Singkat Menjelang Akhir Pekan


Ini bukan karena menjelang akhir pekan atau menjelang akhir tahun. Refleksi singkatku ini diawali oleh obrolan ringan dan singkat dengan temanku melalui twitter tentang seorang fashion blogger mengagumkan, Evita Nuh.

Buat yang belum tahu, Evita Nuh ini adalah seorang fashion blogger Indonesia yang umurnya masih terbilang sangat muda (14 thn) tapi sudah punya banyak pengagum. Melalui blognya yang bernama The Creme de La Crop, Evita menulis berbagai hal yang berkaitan dengan fashion dan style fashion-nya. Untuk anak berumur 14 tahun, selera fashion alias style Evita terlibang unik. Mungkin karena itulah Evita punya banyak penggemar, mulai dari anak-anak se-usianya sampai orang dewasa (termasuk aku).

4whispers_zps399f550f credit: Evita Nuh

Melihat Evita, style-nya, skill-nya, kisah-kisahnya, hingga pencapaian-pencapaiannya membuatku merenung sejenak. Bercermin dan melihat kembali diri pribadi lebih dekat. Kemudian muncul pertanyaan-pertanyaan yang cukup menggelitik.

  • Passion

Nge-blong sejak umur 9 tahun dan konsisten dengan apa yang dipilih sejak awal, itulah Evita Nuh. Sesuatu yang bahkan orang dewasa sulit melakukannya. Bukan hanya tentang nge-blog tentunya (everyone has the rights to choose whether or not blogging). Tapi Evita Nuh itu tahu apa yang akan dan sedang dilakukan. Dan yang paling penting adalah Evita melakukannya dengan segenap hati. And remember, she’s only 14 now. Lalu aku yang sudah 23 ini? Ah, setelah lulus saja masih bingung mau kerja apa. Setelah dapat kerja, masih bertanya-tanya if it is the right one.

  • Speaking English fluently

Membaca tiap postingan Evita di blognya membuatku serasa ditampar. Bukan hanya karena content-nya yang mampu menginspirasi, tapi karena bahasa yang dia gunakan. Yes, she uses English and her skill is beyond the other Indonesian teenagers’ average. It’s like English is her mother tongue!!. And remember once again, she’s Indonesian and she’s just turning 14. Jujur, ini memalukan karena aku yang lulusan English Language and Study Program ini masih sering nggak pede nulis pakai bahasa Inggris. Dan vocabulary-ku, sepertinya butuh di-upgrade.

  • Achievements

Di usia yang masih terbilang sangat muda, Evita sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Selain itu, dia sering diundang ke fashion show para desainer terkenal. Bahkan, di umurnya yang baru 14 ini, Evita sudah mulai merintis bisnis clothing line-nya sendiri, EVITANUH. Dalam bisnis yang masih dalam proses ini, Evita berperan sebagai owner, creative director,  dan designer sekaligus. What a talented girl!! Kemudian muncul pertanyaan buat diriku sendiri; what have you done so far? what have you achieved? Sudah sarjana, lulus dengan cumlaude, so what?  Ijasah hanya akan menjadi selembar kertas tidak berguna kalau cuma disimpan di dalam lemari. Meaning, you do nothing to change your life, to achieve your goal. So, it’s the time for me to do something; achieve my goal.

  • Bitter-sweet life

Despite her awesome achievements, Evita Nuh punya cerita pahit di masa lalunya. Trauma dengan perpisahan orang tuanya dan didorong oleh rasa kecewa pada sang ibu yang meninggalkannya, Evita Nuh mulai menulis di blog. Dengan harapan, sang ibu bisa melihatnya tumbuh walaupun tidak saling tatap. Tapi bukan gerutu kekesalan, rasa kecewa, dan sumpah serapah yang tertuang dalam tiap postingannya. Membaca satu demi satu postingan Evita, aku malah melihat sisi Evita yang dewasa, tegar, dan kuat. Bahkan, ia mampu menjadi inspirasi bagi anak-anak sebayanya. Kemudian mulai muncul lagi pertanyaan-pertanyaan lain dalam benakku. Evita yang saat itu baru berumur 9 saja bisa menyikapi sebuah masalah yang cukup pelik dengan cukup dewasa, berpikir positif. Lalu kenapa aku nggak bisa?

Jadi itulah reflesksi singkatku menjelang akhir pekan ini. Temukan apa yang benar-benar ingin kulakukan dan lakukanlah dengan segenap hati. Be brave, be confident, be tough, and always believe that every cloud has a silver lining.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s