Berkenalan dengan Musik Klasik Lewat Nodame Cantabile


 

dvd

Musik klasik. Ketika mendengar kata ‘musik klasik’ yang terlintas pertama kali di otak kita pastilah rumit, kaku, dan membosankan. Bahkan mungkin, sebagian dari kita tidak tahu apa itu musik klasik – terutama di kalangan anak muda. Sebagian besar dari kita, anak muda, pasti lebih memilih menonton konser musik pop, rock, jazz, atau yang lagi hits sekarang, K-Pop. Nah, aku adalah salah satu di antaranya (note: K-Pop tidak termasuk dalam list-ku). Pengetahuanku tentang musik klasik sangat minim. Paling-paling yang kutahu cuma Mozart. Tapi kalau ditanya, karya Mozart itu yang sepertti apa, aku cuma bisa menggelengkan kepala alias tidak tahu.

Tapi ternyata, sebuah drama Jepang, Nodame Cantabile mampu membuktikan bahwa musik klasik itu nggak membosankan. Mempelajari musik klasik itu bisa jadi sangat menyenangkan.

Diangkat dari manga karangan Tomoko Ninomiya dengan judul yang sama, Nodame Cantabile ini mampu menjadi drama yang banyak menarik perhatian anak muda Jepang. Sampai-sampai nih, ada lho kafe yang mengangkat tema drama ini. Desain kafenya dibuat semirip mungkin dengan setting drama satu ini; kamar Nodame dan Chiaki.

Drama ini bercerita tentang kisah cinta dua mahasiswa musik yang berkepribadian sangat berbeda; pianis berbakat tapi arogan yang ingin jadi konduktor, Chiaki (Tamaki Hiroshi) dan pianis berbakat tapi punya kepribadian aneh, Nodame (Ueno Juri). Chiaki lahir dan tumbuh di keluarga musisi, memiliki bakat musik yang luar biasa, sangat percaya diri, tapi tidak memiliki kemampuan dan emosi yang cukup untuk memahami musik sehingga mampu menyajikan pertunjukan musik yang sempurna. Sebaliknya, Nodame, walapun sebenarnya berbakat dan mampu memberikan emosi yang dibutuhkan dalam musik, kurang memiliki motivasi untuk berkembang.

Nodame_chart

Melalui pertemuan dan interkasi-interaksi antara Nodame dan Chiaki, juga dengan teman-temannya yang lain – yang sama uniknya, keduanya mampu berkembang, menjadi musisi yang lebih matang. Selain itu, mereka juga semakin menyadari bahwa dalam musik, selain skill atau kemampuan, emosi juga diperlukan – membuat musik hidup – agar sebuah pertunjukan musik dapat disajikan dengan apik dan menyentuh hati setiap penontonnya. Menyampaikan pesan si komposer secara indah melalui musik.

Selain menyajikan kisah cinta Nodame dan Chiaki, drama ini juga memberikan gambaran bahwa memainkan musik klasik itu tidak sekadar membaca score lalu memainkannya. Si pemain harus memahami pesan yang ingin disampaikan si komposer melalui tiap not dan ketukan-ketukan dalam komposisi musik tersebut. Tiap komposer mempunyai cirinya masing-masing, begitu juga dengan tiap komposisi musiknya. Contohnya Beethoven dalam Beethoven’s “Violin Sonata No. 5, Opus 24 ‘Spring'”. Komposisi itu dimainkan dalam episode “Lesson 2” saat Mine berduet dengan Chiaki dalam sebuah tes. Dalam episode tersebut, Violin Sonata No. 5, Opus 24 ‘Spring’ merepresentasikan fase awal dari perkembangan musik Mine.

So, that’s it. Setelah nonton drama Jepang yang judulnya Nodame Cantabile ini, pengetahuanku tentang musik klasik sedikit ter-upgrade. Yah, paling enggak aku jadi tahu kalau komposer musik klasik itu nggak cuma Mozart aja, tapi ada juga yang namanya Schubert, Brahms, Elgar, Rachmaninoff,  dan banyak lagi. Dan lewat drama ini juga, aku jadi sedikit banyak tahu karya-karya para komposer tersebut which are awesome. Intinya, drama ini secara tidak langsung memberikan pengetahuan – bisa juga dibilang mengajari – tentang musik klasik, terutama untuk para anak muda.

Berikut adalah website yang menyediakan jasa download gratis Nodame Cantabile kalau ada yang mau download:

  1. Doramax264
  2. Chauthanh

Atau yang mau nonton onlineGooddrama

One thought on “Berkenalan dengan Musik Klasik Lewat Nodame Cantabile

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s