Dekorasi Sendiri Mug-mu


Belakangan ini aku lagi seneng ngubek-ubek Pinterest. Di sana aku nemuin banyak banget ide-ide menarik yang bisa dipraktikin sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang tentu saja mudah dijumpai. Nah, dari sekian banyak ide kreatif yang berhasil kukumpulkan dari sana, baru satu yang aku praktikin, yaitu mendekorasi sendiri mug. Inspirasinya dari http://hub.tutsplus.com/tutorials/how-to-decorate-a-coffee-mug-using-a-porcelain-marker–craft-7454

Cara bikinnya gampang kok. Tinggal nyiapin mug polos dari porselen, pola gambar, kertas HVS, gunting, pensil, tisu basah, dan marker. Marker yang biasa digunakan untuk menggambar di porselen itu namanya porcelain marker, tapi karena aku nggak punya dan belum berhasil menenukan toko yang menjualnya di Jogja, akhirnya aku pakai permanent marker yang biasa. Sebenarnya, akan lebih aman dan bagus kalau pakai porcelain marker. Pasalnya, hasilnya gak bakalan bisa luntur kalau kena air, alias waterproof, dan gak bahaya juga kalau bercampur dengan makanan atau minuman (misal dipakai buat menghias bagian atas piring).

DSC_0858

  • Cetak motif gambar yang akan kamu pakai di selembar kertas HVS. Jangan lupa atur gambar dalam posisi terbalik (kanan-kirinya).
  • Tebalkan pinggiran gambar dengan pensil.

(00)DSC_0859

 

  • Tempelkan kertas dengan pola gambar tadi di atas mug dengan posisi bagian kertas yang bergambar ada di bagian dalam.
  • Arsir bagian kertas yang ada di bagian muka dengan pensil, agar pola gambar dapar tercetak di mug. Gunakan selotip kalau kamu tidak ingin kertasnya ke mana-mana saat mengarsir.

DSC_0860

 

  • Tebalkan pola gambar yang sudah tercetak di mug dengan marker. Ada baiknya pilih marker yang ujungnya kecil biar bisa menghias si mug dengan lebih detail. Kalau pakai yang milimeternya gede, ada kemungkinan gambar yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan, contohnya punyaku :p

DSC_0861

  • Kalau dirasa gambarnya kurang pas atau salah, kamu bisa menghapusnya dengan tisu basah.

IMG_20131009_170038

 

Di sini aku cuma berani mendekorasi sampai bagian tengah mug, gak sampai atas, karena aku nggak terlalu yakin dengan tingkat “keamanan” marker yang kupakai.

Nah, gimana? Mudah dan menarik bukan?

One thought on “Dekorasi Sendiri Mug-mu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s