Sheila On 7 16th Anniversary 3 On 3 Concert: Sebuah Persembahan Bagi Sheilagank


Dalam rangka ulang tahunnya yang ke 16, Sheila On 7 mengadakan konser tunggal (yang disebut-sebut sebagai yang terbesar sepanjang 16 tahun karir mereka di industri musik) yang bertajuk 3 On 3 Concert. Konser ini diadakan pada tanggal 18 Mei 2012 lalu, bertempat di Grand Pacific Hall Yogyakarta. Yogyakarta dipilih karena band ini memang berasal dari Yogyakarta. Dan sampai sekarang pun seluruh personil SO7 ini berdomisili di kota yang terkenal sebagai kota pelajar tersebut.

Aku dan teman-teman tentu saja tidak mau melewatkan kesempatan untuk menonton konser tersebut. Bagi kami yang merupakan anak 90-an, alias lahir pada (more or less) tahun 1990, Sheila On 7 sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan hidup kami. Sejak SD, aku terutama, lagu-lagu Sheila On 7 seperti Dan, JAP, Sephia, dan Sahabat Sejati merupakan lagu wajib yang harus didengar dan dinyanyikan.

sheilaon7 3on3 concert 4

Berawal dari akun jejaring sosial manajemen Sheila On 7 yang disebut Twitter (@sheilaon7), aku dan teman-teman mengetahui berita terntang konser tersebut. Langsung saja, berbekal uang 40 ribu rupiah, aku dan teman-teman datang ke Starcross (yang kebetulan letaknya tidak jauh dari kosanku) untuk membeli tiket konser Sheila On 7. Sip, kwitansi sudah di tangan. Selanjutnya, tinggal tunggu tanggal mainnya saja.

Sebulan berlalu dan akhirnya tanggal 18 Mei datang. Diawali dengan antri untuk menukar tiket (selama 1 jam) dan kemudian antri lagi untuk masuk venue, akhirnya pada kira-kira pukul 7 aku dan teman-teman masuk juga ke ruangan konser.

Kami berada di area festival, dan aku bersyukur karena bisa berada dekat dengan panggung. Sambil menunggu konser dimulai, semua penonton duduk bersila di depan panggung. Pada kira-kira pukul setengah delapan terdengar bunyi gong sebanyak 3 kali dan tiba-tiba lampu padam. Sontak, semua orang yang tadinya duduk bangkit berdiri dan berlomba-lomba maju mendekati panggung. Akhirnya, setelah penjelasan singkat tentang peraturan konser dan lantunan instrumen musik, tirai merah yang menutupi panggung dibuka. Semua orang langsung histeris melihat Duta, Eros, Adam, dan Brian yang berada di atas panggung.sheilaon7 3on3 concert

Seperti namanya, 3 On 3 Concert, konser ini dibagi menjadi 3 sesi – masing-masing satu jam. Pada satu jam pertama, Sheila On 7 berhasil mengajak seluruh penonton berjingkrak-jingkrak sambil melantunkan lagu beat milik Sheila On 7 seperti Bertahan Disana, Bila Kau Tak Disampingku, Kita, Yang Terlewatkan, Tunjukkan Padaku, Pemuja Rahasia, Betapa, Anugrah Terindah yang Pernah Kumiliki, Itu Aku, dan Hujan Turun.

Satu jam berlalu dan lampu kembali dipadamkan. Sejenak perhatian para penonton dialihkan ke 2 layar besar yang berada di sisi kanan dan kiri panggung. Sambil menunggu sesi kedua dimulai, para penonton diajak untuk melihat ucapan selamat ulang tahun dari artis-artis dan Sheilagank Malaysia. Lalu tiba-tiba semua orang berbalik arah ke tempat penonton VIP berada. Ternyata di sana ada mini orkestra yang sedang memainkan salah satu lagu Sheila On 7. Sebagian penonton pun ikut bernyanyi. And then I was shocked karena tiba-tiba para personil Sheila On 7 muncul di panggung tersebut. Well, inilah bentuk keadilan yang dipersembahkan Sheila On 7 bagi para penonton. Aku yang tadinya berada di depan sekarang berbalik posisi menjadi di belakang.sheilaon7 3on3 concert 5

Pada sesi kedua ini Sheila On 7 membawakan koleksi lagu-lagu santai dan (kata anak gahol jaman sekarang) galau mereka seperti Berhenti Berharap, Sephia, Just For My Mom, Saat Aku Lanjut Usia, dan JAP. Walau irama musik mengalun santai dan tidak banyak orang yang “menggila” seperti pada sesi pertama, aku malah merasa sesak. Praktis karena lelah sehabis lompat-lompat dan oksigen yang ada harus kubagi dengan ratusan atau mungkin ribuan orang yang memadati Grand Pacific Hall malam itu. Namun harus kuakui Sheila On 7 bersama para krunya telah memberikan yang terbaik bagi kami malam itu. Sebab, di sesi ke-2 ini aku benar-benar bisa menikmati suara khas Duta dengan improvisasi-improvisasinya yang luar biasa di lagu Berhenti Berharap. Tak berhenti sampai di situ, aku kembali dibuat takjub ketika Eros, Adam, dan Brian bersama-sama memainkan gitar milik Eros untuk menciptakan suara gitar, bas, dan drum secara bersamaan dalam lagu JAP.

Satu jam terakhir dihabiskan di panggung utama. Setelah bersantai sejenak pada sesi dua, di sesi ini para penonton kembali diajak melompat-lompat seiring dengan dilantunkannya lagu seperti Pede, Sahabat Sejati, Have Fun, Berlayar, Terimakasih Bijaksana, Brilian, Pejantan Tangguh, Bait Pertama, Seberapa Pantas, dan Hari Bersamanya. Aku pun yang sebenarnya sudah dilanda rasa panas dan lelah yang luar biasa bisa dibuat kembali bersemangat, terutama ketika lagu Sahabat Sejati dibawakan dengan apik oleh Duta dkk.

Ketika jam sudah menunjukkan pukul sepuluh malam, aku dan teman-teman – yang memang berada di depan panggung – memutuskan untuk pindah ke belakang mengingat setengah jam lagi konser akan selesai dan kami tidak mau berdesak-desakan untuk keluar venue. Di sana akhirnya kami bisa duduk dan merasakan segarnya udara yang keluar dari AC di atas kami (kebetulan, sisi ini tidak disesaki oleh penonton). Ketika lagu terakhir dinyanyikan kami beranjak berdiri dan meninggalkan tempat konser.

Pukul setengah dua belas malam akhirnya aku sampai di kos. Rasanya sayang kalau malam itu harus berakhir begitu cepat. Rasa lelah segera saja menyerang sekujur tubuhku. Namun ketika mengingat momen indah bersama teman-teman ketika menonton Sheila On 7, senyum kembali teurkir di bibirku. That was really an awesome concert. Thank you Sheila On 7. I’m waiting for your next concert. Open-mouthed smile

2 thoughts on “Sheila On 7 16th Anniversary 3 On 3 Concert: Sebuah Persembahan Bagi Sheilagank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s