Thesis oh Thesis


buku jadul

Thesis. Satu kata ini sepertinya sangat memperngaruhi mood-ku akhir-akhir ini. Dan sepertinya bukan hanya aku saja, tapi hampir semua mahasisiwa semester akhir pasti akan langsung berubah mood-nya kalau mendengar kata yang satu itu. Takut, gemes, frustasi, bahkan galau sepertinya akan langsung mampir kalau-kalau kata itu diucapkan. Mau bagaimana lagi, masa depan kita sebagai mahasiswa memang bergantung pada thesis kita.

Aku sendiri awalnya tidak mengerti mengapa thesis itu begitu mengerikan. Setelah mengalaminya sendiri, aku baru tahu bagaimana mengerikannya thesis itu. Banyak hal yang perlu ditaklukkan untuk akhirnya bisa berdamai dengan si thesis. Mulai dari dosen pembimbing, referensi, ijin penelitian, dan mungkin pihak-pihak luar yang terkait (contohnya birokrasi). Kalau aku sendiri, bagian yang sulit itu adalah mencari referensi yang tepat. Berhubung hampir tidak ada senior atau teman seangkatan yang mengambil topik yang sama dengan thesis yang sedang kukerjakan saat ini, aku jadi buta referensi; buku mana yang bisa dijadikan referensi. Sore ini aku ke perpus dan mencoba mencari buku referensi. Namun hasilnya tidak seperti yang kuinginkan. Buku yang kucari tidak ada, dan kalaupun ada bukunya sudah tua (terbitan lama). Untung saja dosen tidak protes. Padahal biasanya dosen akan menyarankan untuk mengambil buku terbitan baru sebagai referensi.

 

Namun, musuh terbesar yang harus ditaklukkan sebenarnya adalah diri sendiri. Kalau sudah galau, kadang-kadang kita menjadi terlalu larut ke dalamnya dan lupa akan dunia nyata. Bahayanya lagi kalau kita bukan hanya larut, tapi terhisap alias menglihang. Yah, moga-moga aja aku bukan termasuk jenis yang mudah “terhisap”. Sehingga cita-citaku untuk bisa lulus tahun ini bisa tercapai.

Leave a Reply

