A (Jogja-Wonosari) Bus Trip


a bus trip

Seperti biasa setiap weekend tiba aku pulang kampung; mengingat Jogja-Wonosari bisa dibilang cukup dekat (+ 1 jam perjalanan dengan motor). Namun weekend kali ini terasa sangat berbeda dengan weekend-weekend yang biasanya. Kali ini aku pulang ke Wonosari menggunakan transportasi umum, yaitu BUS!

Aku berangkat dari kos kira-kira jam 9.30 pagi, jalan kaki menuju shelter trans jogja di depan kampusku (Sanata Dharma). Sampai di shelter aku membeli tiket bus terlebih dahulu seharga Rp 3.000,-. Karena tidak pernah naik trans jogja maka aku bertanya pada si petugas mengenai jalur bus mana yang harus kuambil untuk bisa sampai ke terminal Giwangan. “Naik 2B di sini, lalu transit di shelter Banguntapan untuk ganti ke jalur 3B,” kata si petugas. Beruntung, aku tidak perlu menunggu lama si bus 2B datang.

Dari shelter Sanata Dharma ke shelter Banguntapan itu ternyata si “trans jogja” harus melewati beberapa shelter terlebih dahulu. Jarak tempuhnya pun jadi lebih jauh dibanding kalau naik kendaraan pribadi. Dari shelter Sanata Dharma bus langsung menuju shelter Colombo yang terletak di depan kampus UNY. Setelah itu si “2B” yang kutumpangi itu melaju menuju RS Panti Rapih, Gramedia, SMPN 5, SMP Bopkri, stasiun Lempuyangan, Jalan Kusumanegara, dan akhirnya tiba di shelter Banguntapan.

Di shelter Banguntapan aku dan penumpang lainnya yang akan melanjutkan perjalanan dengan bus “3B” turun. Di sana aku menunggu agak lama. Setelah kira-kira 20 menit, si “3B” datang. Aku langsung naik bus itu dan melanjutkan perjalanan ke terminal Giwangan. Dibandingkan perjalanan dari shelter Sanata Dharma ke shelter Banguntapan, perjalanan dari shelter Banguntapan ke terminal Giwangan jauh lebih dekat. Mungkin karena itu juga waktu yang diperlukan tidak terlalu lama.

Kira-kira pukul 10.30 aku sampai di terminal Giwangan dan segera naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Setelah penumpang yang naik lumayan banyak, pak sopir segera menjalankan bus. Namun, bus yang aku tumpangi – dan hampir semua bus jurusan Jogja-Wonosari – berhenti dulu di ringroad Ketandan untuk mencari penumpang yang lebih banyak. Di sinilah biasanya para pengamen dan pedagang asongan beraksi. Yang lucu adalah ada satu rombongan pengamen dengan muka sangar, kaos hitam-hitam dengan tulisan heavy metal , dan tangan penuh tato masuk ke dalam bus dan menyanyikan lagu milik band Wali – lagu dan tampang samasekali ga cocok!

Satu lagi yang konyol – dan menurutku paling konyol – adalah ada seorang bapak-bapak dengan kaos lengan panjang, memakai peci, dan berjanggut layaknya para ustad (tidak bermaksud menyinggung) sambil membawa tas pinggang masuk dalam bus. Awalnya kupikir orang itu akan menawarkan barang jualannya seperti pedagang-pedagang asongan yang lain. Alih-alih menawarkan barang dagangan, orang ini malah mengajak berdoa untuk meninggalnya salah satu musisi campursari yang terkenal yaitu, Manthos. Mengajak orang lain, apalagi penumpang bus, berdoa untuk orang lain yang tidak dikenal saja sudah aneh. Eh, orang yang satu ini – setelah selesai berdoa – ternyata juga minta uang!! Gila, orang ini meminta uang dari orang lain yang dia ajak doa bareng!!

Sebenarnya kekonyolan yang terjadi di bus tidak berhenti sampai pada pengemis yang aneh tadi. Kelakuan penumpang yang lain pun juga unik; dari penumpang yang tertidur dan ngorok di dalam bus sampai penumpang yang protes karena harus membayar lebih (padahal hanya seribu rupiah). Intinya, perjalanan pulang kampungku kali ini “sesuatu banget.”

26 thoughts on “A (Jogja-Wonosari) Bus Trip

    • biasanya aku kalo ke pantai naik kendaraan pribadi
      tapi mungkin setelah turun di terminal wonosari, nanti naik yang jurusan ke tepus jg bisa
      tp aku jg belum pernah nyoba
      jadi kalo buat pastinya sih nanya aja sama orang-orang terminal

    • Kalau mau ke Pantai sadeng. setelah turun dari terminal wonosari anda ikut Bus jurusan Wonosari – Ngrancah / Baran dilanjut dengan ojek. soalnya untuk tujuan ke pantai jarang sekali Angkot. Kalau pengen ke Pantai sadeng bisa kontek saya. Rumah saya 3 kilo dari pantai sadeng. pin bb : 29E3B2C3 . Suwon

    • bus jogja-wonosari ga lewat tengah kota
      kalo mau ke alun-alun, turunnya di siyono trus ganti angkot kecil warna biru.
      jalurnya ntar tanya aja ke orang situ. kalo dulu bayarnya 3000, sekarang ga tau :p

    • Gua Pindul udah pernah ku-ulas di postingan “Cave Tubing at Pindul Cave”
      Transportasi umum, khususnya bus ga bisa nyampe tepat ke lokasinya,
      paling2 cuma nyampe pintu masuk desa Bejiharjo
      dari situ biasanya ada banyak ojek yg mau nganter ke lokasi
      jalannya udah enak, soalnya belum lama ini diaspal
      alternatif lain, dari jogja naik bus jurusan jogja-wonosari, tutun di siyono,
      kalo wisatanya berbanyak alias rombongan, bisa carter angkot2 yg biasa nge-tem di situ
      soal harga, pinter2 nawar sama sopirnya aja😀

      salam kenal kembali🙂

    • sebenernya udah lama nggak naik bus jogja-wonosari, terakhir tahun lalu tarifnya sekitar 6-7 ribu untuk hari biasa. weekend atau hari libur nasional/tanggal merah, biasanya lebih mahal lagi; bisa mencapai 10 ribu.
      salam kenal juga mas arif🙂

  1. Halo, mau tanya dikit. Kalau dari stasiun Lempuyangan ke Kampung Mutihan di Banguntapan bisa naik transportasi apa ya? Mau mengunjungi kerabat dan belum pernah ke Yogya sebelumnya. Terima kasih

    • di depan stasiun lempuyangan biasanya banyak taksi atau tukang ojek. tapi karena jarak lempuyangan ke bantul itu lumayan jauh, mending naik bus kota atau trans jogja, lalu turun di terminal giwangan. dari sana bisa lanjut naik angkutan kota lainnya. tapi karena saya juga belum pernah mencobanya, saya tidak tahu. Lebih baik tanya orang2 di terminal saja

  2. MAAF mau tanya kl mau ke jl wonosari apa hrs ke terminal giwangan dulu? apa ada alternatif bus lain yang langsung (melewati) ring road ketandan. biar bisa naik bus wonosari yg sudah penuh jadinya lgsng berangkat.. hehe
    trs kalau tarif dr giwangan ke jl wonosari km 8 sendang tirto berapa ya?
    mohon jawabannya ya, terimakasih sebelumnya🙂

    • ke jalan wonosari gak harus dari giwangan. kalau naik angkutan umum, bisa naik bus kota yang jalur 4 atau 6 trus turun di ketandan.
      kalau naik TJ emang harus ke giwangan dulu soalnya di sekitar jln wno ga ada shelter TJ.
      misal naik kendaraan pribadi (dianter), bisa langsung ke ketandan (ring road selatan). di situ nanti bus jurusan jogja-wonosari bakal ngetem.
      tarif bus jog-wno biasanya 6-7k (weekdays) atau bisa sampai 10k (minggu/libur). tapi biasanya kalo turunnya gak di wno sih, bayarnya gak nyampe segitu asal pas bayarnya sekalian bilang ke kondekturnya mau turun di mana. semoga jawabannya membantu, ya😀

  3. numpang tanya lo dari jogja ke wonosari butuh berapa lama ya lo naik bus dari terminal giwangan
    ?dan lo mau ke pantai indrayanti gimana

    • Dari terminal giwangan, bus dari jogja ke wonosari biasanya butuh waktu kurang lebih 1,5-2 jam. Itu tergantung kondisi jalan dan berapa lama busnya ngetem/berhenti cari penumpang di ring road ketandan.

      Sayangnya, dari wonosari ke arah pantai belum ada transportasi yg memadai. Bus-bus yang ada hanya sampai daerah Tepus dan sepertinya masih harus naik ojek kalau mau ke pantai.
      Sekadar saran, kalau tujuannya memang untuk wisata, lebih baik membawa kendaraan sendiri.

  4. Klo mo ke pantai indrayanti.bisa ke terminal lama wn sari.ambil jurusan pantai baron no 16.selanjutnya ga ada langsung ke pantai indrayanti.dari pantai baron ke pantai indrayanti berjarak sekitar 5km.

    • Halo mbak Ani,
      angkutan umum ke arah pantai memang tidak ada. Alternatifnya naik bus jurusan tepus atau baron lalu lanjut naik ojek. Untuk tarif tepatnya saya tidak tahu. Estimasi mungkin bisa mencapai 50rb atau lebih karena jarak terminal tepus ke pantai lumayan jauh.
      Saran saya, jika memang tujuannya liburan, naik kendaraan pribadi lebih disarankan. Kalau berangkat dari jogja ada banyak persewaan motor dan mobil yang terpercaya, misalnya saja pamitran rental http://pamitranrentalmotor.com/rental-motor-jogja/
      Semoga jawabannya membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s