Boyband Rasa Baru


Belakangan ini pasar musik Indonesia sedang dibanjiri boy/girlband dari Korea. Tampilan fisik yang lumayan oke ditambah dengan koreografi ciamik dan kualitas suara yang cukup baik membuat boy/girlband dari Korea ini laku keras di pasar musik Indonesia. Personally, I don’t hate what so-called boy/girlband, either from Korea, Japan, America, or even Indonesia. Kalau mereka punya musikalitas yang oke, kenapa tidak. Hanya saja apa yang dianggap bagus itu relatif. Pasalnya, tiap orang memiliki selera yang berbeda-beda akan jenis musik. Kadar bagus pun akan berbeda-beda tiap orang.one direction

Karena punya rasa atau taste yang agak berbeda dari orang kebanyakan, di tengah fenomena boy/girlband Korea yang sedang terjadi di Indonesia aku menemukan sebuah “boyband rasa baru”. “Rasa baru” inilah yang membuat boyband ini  tidak seperti boyband Korea kebanyakan. Boyband yang baru saja kutemukan ini bernama One Direction yang terdiri dari Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson dan berasal dari UK (Irlandia).

Pada awalnya para anggota One Direction ini merupakan peserta The X Factor UK series 7 yang masuk boys category, namun mereka gagal. Kemudian, salah satu juri The X Factor mengusulkan agar mereka disatukan menjadi sebuah band dan dimasukkan dalam group category. Alhasil, mereka berhasil menjadi third winner, alias juara ke-3 dalam ajang pencarian bakat di Inggris tersebut.

Walaupun bukan pemenang di The X Factor dan terbilang baru di industri musik, single pertama mereka – “What Makes You Beautiful” – yang dirilis pada 11 September 2011 berhasil menempati urutan pertama UK Singles Chart. Setelah “What Makes You Beautiful”, One Direction mengeluarkan single kedua yaitu “Gotta be You” dan berhasil menempati urutan ketiga di UK Singles Chart. Setelah merilis dua single tersebut, pada 21 November 2011 lalu One Direction akhirnya merilis album pertama mereka bertajuk “Up All Night” yang juga laku keras di UK.

One Direction bukan hanya terbilang muda di industri musik, umur mereka pun masih terbilang muda – 19/20 tahun. However, dari segi kualitas mereka tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari segi musik, tentu saja boyband yang satu ini memiliki rasa yang sangat berbeda dengan boyband dari Korea. Jenis musik mereka kurang lebih sama dengan boyband jaman dulu yang juga berasal dari Irlandia, Westlife. Sentuhan “muda” terasa  kental dalam musik mereka, terbukti dari banyaknya lagu dengan tempo up beat di album mereka.

Berbeda dengan boyband-boyband asal Korea yang selalu menampilkan koreografi yang apik, dan bahkan terkadang unik, One Direction doesn’t dance! Mungkin itu adalah salah satu alsan kenapa aku suka boyband asal Irlandia yang satu ini. Pasalnya, boyband-boyband  asal Korea kebanyakan, terkadang menyuguhkan tampilan dan koreografi yang agak “lebay”.

Untuk masalah style, well, boyband yang satu ini menurutku punya style yang lebih “normal” daripada boyband asal Korea (no offense). They wearLondon street-wear” style which is (menurutku) lebih bisa diterima oleh kebanyakan orang daripada style boyband asal Korea. Namun, sekali lagi, itu adalah pendapatku pribadi; tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan pihak manapun.

Bagi yang penasaran dengan One Direction, berikut adalah official website dan fan page mereka:

– Official website –> http://www.onedirectionmusic.com/gb/

– Fan page –> http://www.onedirection.net/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s