Thank You Pindul


Pertengahan bulan Oktober tahun lalu aku bersama 21 temanku yang lain mengikuti KKN yang berlokasi di obyek wisata Gua Pindul, desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Bagi beberapa orang mungkin ini agak aneh karena program KKN ini berlokasi di tempat wisata. Tapi memang demikian kenyataannya. Tujuan dari program KKN kami adalah untuk memajukan kegiatan pariwisata di tempat tersebut.

Pada pertengahan Desember kemarin kegiatan KKN kami resmi berakhir. Namun karena masih ada beberapa tinggalan yang belum sempat kami berikan, pada 18 Januari kemarin kami kembali ke sana untuk mengadakan perpisahan.

Banyak hal yang kudapat dari kegiatan KKN tersebut. Karena berbeda dengan kegiatan KKN yang biasanya, pengalaman yang saya dapat pun berbeda. Salah satu keuntungan karena ber-KKN di tempat wisata adalah, kami peserta KKN, bisa masuk dan mencoba obyek wisata secara gratis. Bukan hanya sekali, tapi berkali-kali. Sangat menarik bukan.

Tapi bukan hanya sampai di situ saja. Banyak pengalaman menarik yang aku dapat dari kegiatan KKN yang aku lakukan di sana. Bagiku sendiri ada satu pengalaman yang tidak akan pernah kulupakan. Waktu itu adalah jadwal dimana aku menjadi pengajar. Modul, alat peraga, materi, dan semuanya yang menyangkut pengajaran sudah kupersiapkan dengan matang. Setelah perjalanan 1,5 jam Jogja-Pindul, akhirnya aku sampai di lokasi. “Tinggal menunggu peserta nih,” pikirku. Aku bersama beberapa temanku yang lain menunggu sambil makan burger yang dibawa dari Jogja sebagai menu makan malam kami. Kira-kira baru 10 menit kami di sana, eh malah mati listrik. Untungnya, setengah jam kemudian listrik kembali menyala. Namun peserta yang datang untuk pelatihan malam itu hanya 6 orang. Mau bagaimana lagi, show must go on. Walau cuma 6 orang pelatihan tetap berjalan.

Harapanku semoga apa yang telah kami sekelompok bagikan dengan masyarakat di sana bisa mengena dan sekaligus bermanfaat, entah itu bagi pribadi mereka ataupun untuk kemajuan  Gua Pindul sendiri. 16

observasi pertama

SDC12566

sesi pelatihan seller team

8 (2)

sesi pelatihan tour guide team

DSC_0028

sesi pelatihan tim sastra Indonesia

SDC12597

sesi pelatihan memasak tim farmasi

 

65513559

cavetubing

collage-fix banget-for upload

our team (KKN Tematik USD 2011)

3 thoughts on “Thank You Pindul

  1. hay vista, aku dari redaksi campusmagz..kebetulan kita sedang membahas tentang KKN pariwisata di salah satu rubrik ulasan bulan November…aku minta ijin mengkopi beberapa foto kegiatanmu yang ada di blog mu ini ya…untuk dimasukkan dalam majalah kami… sebelumnya maaf dan teimakasih banyak…salam kenal ya🙂

Leave a Reply

