Enjoy Gunungkidul: Menikmati Eksotisme Pantai Berpasir Putih


Ketika mendengar nama Gunungkidul, rata-rata orang akan langsung tertuju pada ‘air’ dan ‘gersang’. Tapi sekarang hal itu sudah tidak berlaku lagi. Di balik stereotype ‘gersang’ ternyata ada surga di Gunungkidul. Betapa tidak, bagi para pecinta laut dan pantai Gunungkidul merupakan surga. Dari ujung Barat hingga Timur tersebar jajaran pantai yang indah dan masih alami.

Diawali dengan pantai Ngrenehan yang terkenal dengan ikan-ikannya. Disusul dengan pantai Baron, sebuah pantai yang memiliki sungai air tawar di dekatnya. Setelah Baron masih ada Kukup dan masih banyak lagi sampai ke Wedhi Ombo di ujung Timur Gunungkidul. Sebagian besar pantai-pantai ini memiliki pasir putih dan panorama yang indah. Masih alaminya pantai-pantai tersebut, alias masih belum banyak dijamah manuasia, memberikan nilai plus tersendiri.

Beberapa waktu yang lalu aku dan teman-temanku berkunjung ke pantai Kukup dan Sadranan. Pantai Kukup sudah cukup terkenal di kalangan pecinta pantai. Beberapa orang bahkan menjuluki pantai ini sebagai ‘Tanah Lot-nya Gunungkidul’ karena  adanya batu karang besar di tengah laut seperti yang ada di Tanah Lot, Bali. Tidak hanya itu saja, pantai Kukup juga kaya akan biota lautnya. Kalau bekunjung ke sana kita bisa menyaksikan secara langsung ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar karang. Tidak puas dengan hanya melihat, kita juga bisa membelinya melalui para pedagang yang berjejer di dekat pantai.

Tidak berbeda jauh dengan pantai Kukup, Sadranan juga memiliki pasir yang putih dan garis pantai yang cukup panjang. Perbedaannya dengan pantai Kukup, pantai Sadranan ini jauh lebih sepi karena lokasinya yang belum banyak diketahui orang. Karena suasananya yang sepi, pantai ini serasa milik pribadi. Letaknya yang tidak jauh dari pantai Kukup membuat kita bisa melihat batu karang besar yang berada di pantai Kukup dari pantai ini. Kalau beruntung, kita juga bisa menyaksikan sunset dari balik batu karang tersebut.

Overall, pantai-pantai di Gunungkidul sangat indah. Pokoknya, dijamin tidak akan menyesal kalau berkunjung ke Gunungkidul. Let’s enjoy Gunungkidul!

1  Pantai Kukup

IMG_8281  Pantai Kukup

P1030133  Pantai Kukup

IMG_8311

IMG_8345

IMG_8431

IMG_8408

3

IMG_8397

5 thoughts on “Enjoy Gunungkidul: Menikmati Eksotisme Pantai Berpasir Putih

    • walaupun orang Gunungkidul, tapi aku belom pernah nyoba semua pantainya :p
      ada rencana telusur pantai Gunungkidul dari Barat sampai Timur sama temen-temen, cuma belom ketemu waktu yang pas aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s