Acoustic in My Heart


Belakangan ini aku lagi ketagihan dengerin musik-musik akustik, terutama gitar akustik. Agak berlebihan mungkin, tapi menurutku, mendengarkan musik akustik bisa menenangkan pikiran dan juga hati. Tapi alasan yang sebenarnya adalah aku bosan mendengarkan lagu-lagu yang biasanya kudengar, terutama yang beraliran rock. Kadang kala mendengarkan musik dengan aliran yang berbeda bisa memberikan sensasi yang berbeda pula.depapepe2

Dari banyak musisi yang mengusung musik akustik, aku menyukai DEPAPEPE. DEPAPEPE ini adalah duo gitaris akustik dari Jepang. Musik DEPAPEPE dibentuk tahun 2002 dan sudah mengeluarkan 3 album indie dan 10 album resmi di bawah lebel Sony Music.DEPAPEPE ini pertama kali kukenal dari kakakku sekitar 5 tahun yang lalu. Pertama kali mendengar musiknya aku langsung teringat dengan salah satu program di salah satu stasiun TV swasta Indonesia yang memang sering menggunakan lagu-lagu DEPAPEPE sebagai backsound-nya.

Album DEPAPEPE yang paling anyar adalah ONE yan dirilis di Jepang tahun 2011 lalu. Di Indonesia, album teranyarnya ini baru bisa dinikmati pada 20 Januari 2012 lalu. Banyak lagu-lagu yang kusuka dari DEPAPEPE. Lagu yang paling kusuka dari album teranyarnya, ONE, ini adalah ONE dan Pride. Menurutku, 2 lagu ini berkesan ceria dan bisa memberikan semangat bagi yang mendengarnya.

DEPAPEPE juga pernah manggung di Indonesia dalam acara Java Soulnation 2011 lalu di Jakarta. Rencananya DEPAPEPE akan manggung lagi di Indonesia bulan Maret nanti, tepatnya tanggal 2 untuk berpartisipasi dalam Jakarta International Java Jazz Festival. Sebernarnya aku ingin nonton koser mereka secara live Maret mendatang. Tapi sayangnya tidak bisa.

sungha jungSatu lagi musisi pengusung musik akustik yang kusuka. Berbeda dengan DEPAPEPE, musisi yang satu ini cuma sendirian dan berasal dari Korea Selatan. Usianya pun masih sangat muda, 15 tahun. Namanya adalah Sungha Jung. Salah satu program TV swasta di Indonesia belum lama ini pernah memasukkannya sebagai salah satu anak berbakat dalam bidang musik.

Aku mengetahui nama Sungha Jung ini dari adikku yang juga belakangan ini sedang ketagihan musik akustik, terutama gitar. Ketertarikannya dengan gitar akustik inilah yang menghantarkannya kepada Sungha Jung. Orang-orang, dan bahkan di official website milik Sungha Jung, mengatakan bahwa Sungha Jung ini penganut finger style – memainkan gitar dengan cara dipetik.

Berbeda dengan DEPAPEPE yang sudah senior, Sungha Jung yang masih berumur 15 tahun ini baru memiliki 2 album; Perfect Blue dan Irony. Kebanyakan lagu yang ada di albumnya ini adalah versi cover lagu-lagu terkenal mulai dari Michael Jackson sampai Adele. Walaupun belum banyak menciptakan lagu sendiri, kemampuan Sungha Jung ini tidak perlu diragukan lagi. Melalui official website-nya bisa dilihat video-video Sungha Jung yang sedang memainkan gitar. Tak jarang, bahkan, Sungha Jung berduet dengan gitaris terkenal dari berbagai negara.

Berikut adalah video dari DEPAPEPE dan Sungha Jung.

DEPAPEPE “ONE”
Sungha Jung–A Thousand Years

Kalau memang tertarik dengan kedua musisi di atas, berikut adalah alamat official website mereka:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s